DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2
Penulis : Nur Khotimah,SPd,MPd
CGP Angkatan 5 Kabupaten
Lamongan
Sekolah
: SMP Negeri 1 Babat
Fasilitaror
: Parjiyo,SPd,MPd
Pengajar
: Nailatul Mufidah,SPd
Praktik
LATAR BELAKANG
Sebagai
landasan atau dasar dalam penerapan konsep merdeka belajar dilingkungan sekolah
dan untuk mendukung setiap program sekolah dalam mewujudkan lingkungan belajar
yang menyenangkan dan menumbuhkan semangat belajar siswa diperlukan kolaborasi
semua pemangku kepentingan dengan memperhatikan semua asset yang ada di sekolah
untuk dikembangkan dalam mewujudkan tujuan dan visi sekolah sehingga karakter Profil
Pelajar Pancasila tercermin di diri siswa.
Pembelajaran
beerdiferensiasi pada intinya seorang guru harus mampu memahami kebutuhan
muridnya mulai dari kesiapan belajarnya yaitu tentang pemahaman awal yang
dimiliki masing-masing siswa sehinggu murid merdeka dalam mengekplorasi semua
kemapuan dirinya. Bakat dan minat siswa juga perlu diperhatikan harena anak
mempunyai keunikan sendiri dengan bermacam bakat dan minat. Lingkungan belajar
yang aman dan nyaman serta menyenangkan juga sangat dibutuhkan siswa agar
tumbuh kembangnya bisa maksimal. Lingkangan belajar yang menyenangkan membantu
siswa dalam menumbuhkan semangat belajar.
Guru harus
mampu melihat kekuatan yang dimiliki
oleh siswanya agar dapat menuntun siswanya sesuai kodratnya, baik kodrat alam
dan zaman sehingga semua kebutuhan siswa dapat terpenuhi dengan baik dan siswa
dapat bersemangat dalam belajar dan nyaman berada di sekolah. Seorang guru
harus menciptakan sekolah sebagai rumah kedua bagi siswanya sehingga siswa
mampu mengembangkan semua potensi yang di dirinya.
Tujuan : Untuk menganalis kekuatan dan
potensi kelas dalam tanyangan video dengan pendekatan BAGJA.
TAHAPAN B-A-G-J-A
1. BUAT
PERTANYAAN UTAMA
Bagaimana mewujudkan lingkungan
belajar yang menyenangkan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa sesuai visi
sekolah?
Daftar Tindakan yang
perlu dilakukan, untuk menjawab pertanyaan :
Berdiskusi dengan rekan sejawat
dalam melaksanakan pembelajaran tentang perubahan yang dilakukan agar siswa
semangat dalam belajar. Bersama rekan sejawat merumuskan pertanyaan utama dalam
melakukan Prakarsa perubahan.
A. VISI
”MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG
MENYENANGKAN”
B. PRAKARSA PERUBAHAN
“PENYEMANGAT BELAJAR”
2. AMBIL PELAJARAN
Kegiatan Apa yang paling
menarik dan disukai di kelas sendiri dan
kelas lain untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan
penyemangat belajar?
Daftar Tindakan yang
perlu dilakukan, untuk menjawab pertanyaan :
1.
Guru
mengadakan dialog dengan murid menanyakan hal-hal yang disukai dan menarik
untuk menumbuhkan semangat belajar
2.
Siswa
menjawab masing-masing dengan jawaban yang berbeda ada yang menjawab makan,
duduk dekat rak buku, duduk dekat jendela, kelas yang bersih. Dari
masing-masing siswa memberikan alas an yang berbeda dalam menyukai lingkungan
yang menyenangkan.
3.
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk mengunjungi kelas lain sebagai referensi
dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menumbuhkan semangat
belajar.
4.
Siswa
berdiskusi dari hasil kunjungan kelas yang dilakukan untuk mengenal lingkungan
kelas yang menyenangkan
3. GALI MIMPI
Bagaimana menjalankan
strategi Secara bersama-sama untuk mewujudkan lingkungan belajar yang
menyenangkan dan menumbuhkan semangat belajar
Daftar Tindakan yang
perlu dilakukan, untuk menjawab pertanyaan :
1.
Menutup
mata memimpikan kelas yang diimpikan dalam penyemangat belajar
2.
Guru
membimbing siswa membuat karya dengan menggambar kelas yang diimpikan
3.
Siswa
berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya tenyang kelas impian
4. JABARKAN
RENCANA
Kegiatan apa yang dilakukan di
sekolah secara konkret dalam memwujudkan kelas impian yang menyenangkan
sehingga menumbuhkan penyemangat belajar?
Daftar Tindakan yang
perlu dilakukan, untuk menjawab pertanyaan :
1.
Melakukan kontribusi dan menentukan apa yang
dibutuhkan dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan?
2.
Mewujudkan lantai yang bersih
3.
Pengadaan rak buku dan sudut baca
4.
Menata bangku dengan rapi dan bebas dari coretan
5.
Menghias dinding kelas dengan hiasan hasil karya
siswa
5. ATUR
EKSEKUSI
1. Apakah
semua kegiatan yang dilakukan sesuai
rencana dan dapat mencapai tujuan?
2. Siapa
saja pihak yang mendukung pelaksanaan kegiatan?
3. Dampak
apa yang dirasakan oleh warga sekolah melalui kegiatan yang dilakukan?
Daftar Tindakan yang
perlu dilakukan, untuk menjawab pertanyaan :
1. Kegiatan yang dilakukan
sudah sesuai rencana karena disepakati waktu dan sudah dijadwalkan
2. Melakukan pembagian
tugas untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman dalam penyemangat belajar
(kebersihan lantai, mengatur bangku, membuat hiasan di dinding, mengatur rak
buku dan pojok literasi)
3. Menentukan waktu untuk
mengerjakan semua kegiatan yang telah disusun dalam pembagian tugas
4. Melibatkan paguyuban
kelas dalam pengadaan saran akelas yang mendukung penyemangat belajar
5. Dari semua pembagian tugas
dan hasil dari bekerjasama maka akan terwujud suasana kelas yang menyenangkan
sehingga mampu menumbuhkan semangat belajar.
6.
Siswa menjadi optimis dan antusias berada di ruang kelas karena
suasana aman dan menyenangkan
7. Nilai siswa menjadi meningkat
PERAN PEMIMPIN
Peran pemimpin yang tergambar dalam video adalah guru menjadi pemimpin di kelas dalam menciptakan suasana lingkungan yang aman dan nmenyenangkan sehingga siswa termotivasi dan semangat belajar. Guru memimpin siswa dalam menggali situasi yang diinginkan siswa agar mereka bersemangat. Beberapa siswa menjawab situasi yang menyenangkan dengan makan, ada yang berada di jendela, ada yang ingin dekat rak buku, ada yang ingin lantai bersih. Dari jawaban siswa tersebut kemudian diidentifikasi dan melakukan aksi dengan bekerja berkelompok.
MODAL UTAMA YANG DIMANFAATKAN DAN CARA PEMANFAATANNYA
Modal utama yang dikembangkan guru dalam penyemangat belajar adalah murid,lingkungan sekitar kelas, sarana kelas yang dimiliki, meja kursi, rak buku, peralatan menggambar kertas,spidol. Guru memanfaatkan modal yang ada kelas dengan memberdayakan murid untuk bekerjasama dan bekerja kelompok sesuai tugas yang diberikan guru. Membersihkan lantai, menata bangku dan menghias dinding kelas dengan media pembelajaran sehingga bisa dimanfaatkan murid untuk belajar. selain itu rak buku yang ada ditata dengan rapi dan siswa membawa buku diletakkan di rak buku sehingga bisa dimanfaatkan sebgai sudut baca.
Komentar
Posting Komentar